Tips memilih dan menata meeting room
Meeting room atau ruang pertemuan adalah bagian penting
dari pekerjaan yang berkaitan dengan kantor. Ruang pertemuan memiliki banyak
fungsi misalnya untuk rapat, acara khusus perusahaan atau instansi dan seminar.
Ketika intansi kantor anda sudah memiliki ruang pertemuan maka anda dan team
yang ditugasi untuk menyiapkan ruangan tinggal menata ruang yang tersedia.
Namun apabila acara yang akan dilangsungkan ternyata membutuhkan kapasitas yang
lebih besar atau jika intansi anda belum memiliki ruang pertemuan yang memadai
maka solusinya adalah menyewa suatu ruang pertemuan. Banyak hal yang harus
dipertimbangkan ketika memilih ruang pertemuan yang akan disewa. Pertimbangan
seperti dana, lokasi dan banyaknya peserta dalam pertemuan itu adalah beberapa
factor penting yang mesti dipikirkan sebelum memutuskan untuk menyewa ruang
pertemuan.
Anda tentu mengharapkan acara berjalan dengan baik dan lancar, maka persiapan
yang matang haruslah dilakukan. Banyak faktor dapat menyebabkan gagalnya suatu
acara. Dalam praktik sehari-hari terkadang terjadi situasi seperti salah
komunikasi jadwal acara antara penyelanggara dengan penyedia ruang pertemuan,
kesalahan teknis alat-alat elektronik saat acara berlangsung, biaya tambahan
yang belum anda ketahui apabila menggunakan fasilitas tertentu dan kemacetan
lalu lintas di jalan menuju akses lokasi pertemuan sehingga menyulitkan peserta
yang akan mendatangi acara.
Banyaknya pertimbangan dalam memilih ruang rapat bisa membuat anda bingung.
Berikut ini disajian beberapa tips yang dapat anda pelajari sebelum mnentukan
pilihan ruang pertemuan mana yang akan anda gunakan untuk acara intansi atau
perusahaan anda:
Pertimbangan budget
Budget yang disediakan
untuk menyewa ruang pertemuan biasanya sudah dialokasikan secara telak oleh
staf keuangan. Sehingga di dalam memilih ruang pertemuan haruslah dibawah dari
anggaran yang ditentukan. Carilah beberapa referensi harga yang ditawarkan
penyedia ruang pertemuan, kemudian bandingkan satu sama lainnya berikut
fasilitas dan lokasi yang ditawarkan. Tanyakan juga secara detail biaya-biaya
tambahan yang mungkin akan dikenakan apabila ada fasilitas tertentu yang
digunakan selama acara. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tagihan yang
melebihi estimasi yang dilakukan sebelumnya. Pastikan segala hal yang
dibayarkan dan harganya tertera dalam perjanjian pemesanan meeting room yang anda lakukan.
Lokasi ruang pertemuan
Lokasi adalah juga
faktor penting dalam memilih ruang pertemuan. Anda tentu tidak ingin
menyulitkan peserta yang menghadiri pertemuan menempuh jarak terlalu jauh.
Akses menuju lokasi di jam-jam sibuk apakah biasanya macet atau tidak juga
harus dipikirkan. Kesulitan mengakses lokasi pertemuan dapat menghabiskan waktu
peserta sehingga meningkatkan kemungkinan peserta datang terlambat. Acara juga
bisa menjadi molor waktunya, tentunya hal ini akan tidak efisien.
Fasilitas yang
disediakan penyedia ruangan
No comments:
Post a Comment